Resolusi 2023

\

                                Resolusi 2023

                                          Oleh Muhammad Anshar Akil


 Perjalanan waktu bisa mengubah segalanya. Percayalah. Bukan hanya umur kita yang bertambah, fisik kita yang makin menua, tapi juga cita-cita dan harapan kita akan banyak berubah. Apa yang diinginkan oleh seorang anak, remaja, pemuda, orang dewasa, orang tua, kakek-kakek, nenek-nenek, dengan adanya pergantian tahun itu, tidaklah sama. Maka pikirkanlah apa keinginan terbaik sesuai dengan umur kita.

Tahun 2022 telah berlalu, datanglah 2023. Di awal tahun ini kita dianjurkan untuk membuat resolusi. Apa itu? Resolusi adalah janji kepada diri sendiri, komitmen, keinginan, harapan, kemauan yang kuat, yang akan diwujudkan. Resolusi 2023 berarti hal-hal yang ingin diwujudkan pada tahun 2023. 

Tahun baru identik dengan harapan baru. Walaupun orang-orang selalu memulai harapan baru pada awal tahun baru, namun harapan baik itu mestinya ada di setiap waktu, dalam perjalanan hidup kita. Bukan hanya pada tahun baru. Banyak orang membuat resolusi yang berapi-api di awal tahun, namun kemudian meredup di pertengahan, dan menghilang di akhir tahun.

Waktu identik dengan perubahan. Perubahan berlangsung setiap saat, di dalam tubuh dan di lingkungan kita. Proses pergantian sel di dalam tubuh kita mirip dengan pergantian waktu, setiap sel punya umur masing-masing, kapan mereka harus berhenti dan menyerahkan tugasnya pada sel-sel berikut. Begitu pula dengan perubahan di sekitar kita. Air mengalir, uap air berubah menjadi hujan, menyirami bumi, tanaman-tanaman bertumbuh, hewan-hewan berkembang biak. Batu-batu, gunung-gunung, bumi ini seolah-olah “berdiam diri”, namun sesungguhnya bergerak. Di dalamnya ada atom-atom yang bergerak, gunung-gunung, bumi bergerak mengitari matahari. Matahari bergerak mengikuti orbit galaksi, dan seterusnya. Tidak ada yang tetap di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri.

Di tahun 2023, apa yang penting kita pikirkan, rasakan, dan lakukan? Beberapa bahan resolusi yang dapat kita canangkan. Pertama, muhasabah atau introspeksi diri. Merenungkan kembali apa yang sudah kita lakukan pada waktu-waktu sebelumnya? Apakah lebih banyak hal baik atau buruk? Hisab lah diri kita. Apa yang perlu perlu diperbaiki, perlu ditingkatkan. Bangun kasadaran bahwa segala yang tidak baik mesti ditinggalkan, diganti menjadi hal-hal yang lebih baik untuk diri kita dan orang lain.

Kedua, menjadi orang yang berkarakter hebat. Karakter adalah jati diri kita, prestasi kita adalah cermin karakter kita. Menjadi orang yang jujur, amanah, sabar, tulus, ikhlas, syukur, tawakkal. Punya impian, harapan, cita-cita. Mampu bekerja keras, bertanggung jawab, bekerjasama, dan lain-lain.

Ketiga, meningkatkan skill. Jika ingin penghasilan bertambah maka produktivitas harus meningkat, jika produktivitas ingin meningkat maka skill harus bertambah. Kita perlu memiliki kecakapan, keterampilan, keahlian untuk bekerja lebih cepat, lebih baik, lebih berkualitas, dengan keterampilan baru maupun memperbarui keterampilan lama, seperti bahasa asing, komputer, publik speaking, jurnalistik, hipnosis, dan online shop. Kuasai soft skill dan hard skill. Silahkan mengikuti kursus, magang, mentoring, pelatihan, seminar, untuk meningkatkan skill.

Keempat, meningkatkan amal kita, baik amal ibadah kepada Tuhan maupun amal sosial. Menjadi orang yang punya prestasi di tempat kerja, melahirkan berbagai karya yang bermanfaat, memberikan kebaikan kepada orang-orang dan lingkungan sekitar kita. Misalnya, menulis buku, membuat video, podcast, blog, atau medsos.

Kelima, kita boleh membuat resolusi untuk memiliki rumah baru, mobil baru, motor baru, uang banyak, gelar baru, dan lain-lain. Buatlah rencana spesifik, terukur, dan bisa dicapai. Pencapaian dalam hidup biasanya sesuai dengan sumbangsih yang kita berikan dalam kehidupan. Sebelum kita berharap mendapatkan yang banyak, maka berusahalah memberikan lebih banyak ke dalam hidup ini. Semoga terwujud.*

 

Dr. Muhammad Anshar Akil, ST, MSi, CHt, CPNLP adalah Dosen Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Motivator Nasional, Hipnoterapis, tinggal di Makassar. Content Creator Youtube: “Anshar Akil Channel”, Email: anshar.akil@gmail.com. HP / WA : 081245361618.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MOTIVATOR MAKASSAR" - Biodata Dr. M.Anshar Akil, ST, MSi, CPNLP, CHt

Perbedaan LOA Barat dengan LOA Indonesia

Essay: Hujan Membawa Rindu